Skip to main content

Pengenalan Program Pascal

Untuk Pertemuan kali ini dalam pembahasan Program pascal saya menshare apa yang telah saya pelajari dan saya baca dari buku. agar temen-temn juga sama-sama untuk belajar..tetapi sebelum itu saya mau minum kopi dulu,....he3x..
ok lah kalau begitu karena aku sudah minum segelas kopi,dan aku sudah sarapan waktunya aku menshare materinya...silahkan di kopi dan dipelajari

Bahasa Pascal adalah bahasa pemrograman yang pertama kali di buat oleh Profesor Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari matematikawan Perancis, Blaise Pascal, yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman komputer kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. Nama Pascal berasal dari Blaise Pascal, nama ahli matematika dan philosopi dari Perancis (abad 17). Bahasa pascal adalah bahas pengembangan dari bahasa Algol 60 dan Algol W (turunan Algol 60). Bahasa Pascal mempunyai banyak versi, di antaranya adalah: Turbo Pascal, Ms Pascal (Microsoft), Apple Pascal, UCSD (University of California at San Diego Pascal), dll. Turbo Pascal yang dibuat oleh Borland Inc. adalah versi yang paling banyak digunakan karena menggunakan Compiler untuk menterjemahkannya dan juga mengikuti standard bahasa Pascal yang dibuat oleh Nicklaus Wirth dan K. Jensen. Katagori Bahasa Pascal merupakan di antara bahasa pemrograman lain adalah katagori bahasa tingkat tinggi (high level language) dan terstruktur (Structured Programming language).
Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal
1. Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki tipe data standar: boolean, integer, real, char, string.
2. User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
3. Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variabel, dan variabel tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain dari format yang ditentukan.
4. Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedure dan Function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
5. Sederhana dan Ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa Inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
Bahasa PASCAL juga merupakan bahasa yang digunakan sebagai standar bahasa pemrograman bagi tim nasional Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI). Selain itu, Bahasa PASCAL masih digunakan dalam IOI (International Olympiad in Informatics).
Perintah Dasar/Sederhana Bahasa Pascal
• Write ( ‘tulisan’,Variabel);
Sebagai perintah untuk mencetak tulisan atau memunculkan hasil dari variabel dilayar monitor tanpa pindah baris
• Writeln ( ‘tulisan’,Variabel);
Sebagai perintah untuk mencetak tulisan atau memunculkan hasil dari variabel dilayar monitor pindah baris
• Read(Variabel);
sebagai Perintah untuk menginput data,
tanpa pindah baris
• Readln(Variabel);
Sebagai Perintah untuk menginput data, lalu pindah baris
Contoh Program Sederhana di Pascal
Program HaloDunia;
Uses WinCrt; { Mengijinkan writeln, readln, dll - ini komentar}
{pada pascal versi dos gunakan uses crt;}
begin
writeln('Halo Dunia'); {Diakhiri tanda ;}
end.
Menjalankan Program
Bila ingin menjalankan program (run) yang telah dibuat, tekan CTRL+F9 secara bersamaan. Sedangkan untuk me-compaile (mengecek program berjalan baik atau tidak cukup tekan F9)
Struktur Bahasa PASCAL Secara Lengkap
1. Judul Program
2. Deklarasi
• Deklarasi tipe data (TYPE)
• Deklarasi variabel (VAR)
• Deklarasi konstanta (CONST)
• Deklarasi label (LABEL)
• Deklarasi sub-program (PROCEDURE dan FUNCTION)
3. Program Utama Statement.
Aturan Program
• Akhir pernyataan diakhiri titik koma ( ; ), kecuali untuk nama label.
• Akhir program diberi titik ( . )
KomentarProgram
Adanya komentar dimaksudkan untuk memberikan petunjuk atau keterangan dari baris program (perintah) sehingga memudahkan program melacak maksud dari program. Komentar ditulis dengan diawali ‘{‘ dan di akhiri ‘}. contoh penulisan: {Komentar dari program}






program menghitung_akar_persamaan_kuadrat;
uses wincrt;
var
a,b,c,x1,x2,D:real;
begin
writeln(‘Mencari akar-akar persamaan kuadrat(a*x*x+b*x+c=0) ‘);
write(‘————————————————–’);
writeln;
write(‘a= ‘);read(a);
write(‘b= ‘);read(b);
write(‘c= ‘);read(c);
D:=(b*b)-4*a*c;
if D=0 then
begin
x1:=-b/2*a;
x2:=x1;
writeln(‘Akar-akar persamaan kuadrat adalah: ‘);
write(‘x1=x2= ‘,x1:5:2);
end;
if D >0 then
begin
x1:=(-b+sqrt(D))/2*a;
writeln(‘Akar-akar persamaan kuadrat adalah: ‘);
write(‘x1= ‘,x1:5:2,’ dan x2= ‘,x2:5:2);
end;
if D<0 then
begin
writeln(‘Akar-akar persamaan kuadrat adalah imajiner’);
end;
end.






Program PersamaanKuadrat;

uses crt;
var a,b,c,d,x1,x2:real;

begin
clrscr;
writeln('Menghitung akar-akar persamaan kuadrat');
writeln('Nilai a,b,c dimasukkan dengan jeda spasi');
write('Masukkan nilai a,b,c = ');
readln(a,b,c);
d:=b*b-4*a*c;
if d<0 then writeln('Tidak ada akar real, coba ulangi masukkan nilai yang lain')
else
begin
x1:=(-b+sqrt(d))/(2*a);
x2:=(-b+sqrt(d))/(2*a);
writeln('x1=',x1:6:2);
writeln('x2=',x2:6:2);
end;

readln;

end.

Comments

Popular posts from this blog

Sevent Segmen Arduino

Salah satu topik yang menarik untuk dibahas untuk malam ini , sambil datangnya waktu shubuh ( pagi ). Banyak sekali project yang dapat dibuat. Beberapa contohnya adalah jam digital dengan seven segment, stopwatch dengan 7 segment atau display jam sholat digita l yah walaupun sudah banyak yang membahasnya. Untuk membuat alat yang saya sebutkan diatas,  perlu memahami dulu bagaimana cara untuk memprogram seven segment menggunakan arduino . Karena dasar dari itu semua adalah menyalakan seven segment sesuai keinginan. Banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk memprogram 7 segment. Beda metode beda juga rangkaian yang digunakan. Salah satu metode yang sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak rangkaian adalah metode scanning . Apa itu metode scanning ?? Yuk lanjutkan baca sampai selesai yaa !! metode ini akan saya gunakan untuk matakuliah yang saya akan ajarkan...... Apa Itu Metode Scanning ?? Salah satu metode memprogram seven segment yang banyak digunakan adalah metode

74hc595 Shift Register

IC  74HC595   Arduino. penghematan pin arduino 74HC595  adalah IC ( integrated circuit , sirkuit elektronika terpadu) dari keluarga TTL seri 74 xx yang berfungsi sebagai  Shift Register . Kami menjual IC ini dalam 2 pilihan kemasan / packaging: versi DIP-16 ( Dual In-line Package  16 pin, 4 IC per paket) dan versi SMD ( Surface Mounted Device , 74HC595D, 5 IC per paket). Komponen elektronika ini memiliki register (kumpulan  flip-flop ) sepanjang 8-bit yang menerima masukan secara serial dan keluaran paralel dalam 8-pin keluaran. Data masukan disimpan pada register penyimpanan tipe-D sepanjang satu byte (8 bit D-type  storage register ). Gambar IC  74HC595   Gambar Schematic  74HC595   Di bawah ini adalah contoh rangkaiannya

Masjid Agung Banten

Selain sebagai obyek wisata ziarah, Masjid Agung Banten juga merupakan obyek wisata pendidikan dan sejarah. Dengan mengunjungi masjid ini, wisatawan dapat menyaksikan peninggalan bersejarah kerajaan Islam di Banten pada abad ke-16 M, serta melihat keunikan arsiteksturnya yang merupakan perpaduan gaya Hindu Jawa, Cina dan Eropa. Sejarah pendirian Masjid Agung Banten berawal dari instruksi Sultan Gunung Jati kepada anaknya, Hasanuddin. Konon, Sunan Gunung Jati memerintahkan kepada Hasanuddin untuk mencari sebidang tanah yang masih “suci” sebagai tempat pembangunan Kerajaan Banten. Setelah mendapat perintah ayahnya tersebut, Hasanuddin kemudian shalat dan bermunajat kepada Allah agar diberi petunjuk tentang tanah untuk mendirikan kerajaan. Konon, setelah berdoa, secara spontan air laut yang berada di sekitarnya tersibak dan menjadi daratan. Di lokasi itulah kemudian Hasanuddin mulai mendirikan Kerajaan Banten beserta sarana pendukung lainnya, seperti masjid, alun-alun, dan pasar. P