Skip to main content

Fasilitas Nuklir Meledak Lagi

TOKYO-Ledakan kembali terjadi di fa­silitas nuklir Fukushima Dai-ichi di Jepang, Senin (14/3). Sebelumnya, le­dakan juga terjadi pada Jumat (14/3) pekan lalu, akibat gempa kuat dan tsu­nami di Sendai, Jumat (11/3) lalu.
Tokyo Electric Power Co yang mengelola fasilitas nuklir itu menyatakan, selain tujuh orang di­nyatakan hilang, tiga pekerja lain me­ngalami luka-luka.
Sekretaris Kabinet Jepang, Yukio Edano me­ngatakan, ledakan hidrogen itu terjadi pada unit 3 fasilitas nuklir. Ledakan itu mirip dengan ledakan sebelumnya di unit yang berbeda. Yu­kio Edano me­nga­ta­kan, akibat ledakan itu warga dalam ra­­dius 20 km diperintahkan untuk tetap ting­gal di dalam rumah. Sementara war­ta­wan AP merasakan ledakan itu dari ja­rak 40 kilometer. Edano menepis ke­kha­watiran terhadap risiko terhadap ling­kungan dan ma­syarakat. Sebab, balok penahan wadah kon­tain­men da­lam reaktor nuklir tersebut dalam kondisi utuh.
Meski demikian lebih dari 180.000 orang diungsikan dari daerah itu dalam beberapa hari terakhir. Reaktor unit 3 sebenarnya sudah berada di bawah pe­nga­wasan darurat paskaledakan pada fasilitas unit 1.
Perdana Menteri Naoto Kan me­­ngatakan, Jepang sedang meng­hadapi krisis yang paling berat dan sulit dalam 65 tahun sejak akhir Perang Dunia II “Saya yakin bahwa orang Jepang bisa ber­satu bekerja sama untuk me­ngatasi ke­sulitan ini,” katanya se­perti dikutip Euronews, Senin (14/3).
Naoto juga mengatakan, pe­ma­daman listrik tidak bisa di­hindari dalam beberapa hari men­­datang. Pemadaman itu me­rupakan an­tisipasi atas ke­mung­kinan ke­gagalan jaringan listrik mendadak yang bisa meng­han­curkan ke­hidupan serta ak­tivitas per­eko­nomian Jepang. Ope­rator listrik telah diperintah­kan untuk me­lakukan pemada­man listrik ter­kendali di daerah Tokyo.
Jauh dari suasana kehancuran, dampak tersebut sudah dirasakan pada kehidupan sehari-hari. Di kota Sendai di timur laut Jepang, masyarakat mengantre untuk membeli persediaan darurat. “Kami tidak tahu apakah malam ini akan ada listrik, jadi kami da­tang ke sini untuk membeli lilin,” kata dua orang gadis Jepang yang ikut mengantre.
Persediaan air dan listrik ter­ganggu. Bagi masyarakat yang terbiasa dengan kenyamanan modern, hal itu adalah guncangan yang besar. “Aliran air sudah dipotong tetapi Sukugawa se­dikitnya merupakan daerah pe­de­saan dan terdapat sumur air alami. Kami mengambilnya dan me­letakkan ke dalam pemurni air, menghangatkannya dan meng­gunakannya dalam berbagai cara,” kata seorang sopir taksi.
Sendai adalah sebuah kota berpenduduk satu juta jiwa yang ter­kena gempa dan dihantam tsunami. Sebagian besar toko dan restoran ditutup karena ke­rusa­kan, kurangnya pasokan, atau karena pemiliknya telah pergi. Akibat bencana itu, sudah ada kekurangan pasokan bahan bakar dan terganggunya jaringan telepon. Pihak rumah sakit juga kha­watir mereka akan kehabisan makanan dan air dalam waktu dekat.

WNI SELAMAT
Warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi peserta magang di Jepang berada dalam keadaaan sehat dan baik. Dua peserta ma­gang yang berada di Fuku­shima, yang sebelumnya dikabar­kan belum diketahui kabarnya, kini telah melaporkan diri dalam ke­adaan selamat dan sehat.
“Berdasarkan laporan se­men­tara dari Crisis Center Ke­me­nakertrans, peserta pe­ma­ga­ngan statusnya dalam keadaan aman dan belum ada yang me­ngungsi,” terang Menteri Tenaga Kerja dan Trans­migrasi (Mena­kertrans) Muhaimin Iskandar di gedung Kemena­kertrans, Ja­karta, Senin (14/3).
Disebutkan, dari tiga lokasi yang terkena dampak terparah dari gempa dan tsunami yaitu Iwate, Miyagi dan Fukushima hanya terdapat 57 peserta magang. Saat ini mereka di­laporkan dalam keadaan baik. “Me­mang sebelum­nya dikabarkan ada dua orang pe­serta magang International Man­power Development of Me­dium and Small Enterprises (IMM) yang belum dapat dihubungi di Fu­kushima. Namun saat ini sudah dapat dihubungi dalam keadaan baik, atas nama Jatmiko dan Mukha­mad Ikhwanudin,” sebutnya.
Muhaimin menjelaskan, IMM merupakan salah satu mitra kerja sama terbesar dalam penyeleng­ga­raan program magang di Je­pa­ng. Sebagian besar perusahaan yang menjadi tempat pemagangan lokasinya jauh dari tsunami di Jepang. Perusahaan-perusahaan tersebut masih melakukan akti­vitas secara normal. “Perusahaan tem­pat magang itu akan ber­tanggung jawab bila sesuatu terjadi dan menimpa para peserta ma­gang. Lagi pula mereka di­lindungi asuransi sesuai dengan per­aturan yang berlaku di Jepang, “ kata menteri yang juga Ketua Umum DPP PKB itu.
Terpisah, Direktur Bina Pe­ma­gangan Kemenakertrans, Bagus Marijanto mengatakan, Tim Ke­mena­kertrans tetap membuka La­yanan Informasi Online dan Cri­sis Center gempa Jepang yang ber­tujuan sebagai pusat informasi dan memantau keberadaan dan kon­disi TKI dan peserta magang di Jepang.
Sejauh ini, lanjut Bagus, per­kembangan informasinya masih terus berjalan baik. Para peserta magang dan perusahaan tampat magang telah mendata dan melaporkan diri secara langsung me­lalui layanan Informasi On­line. Untuk mencari informasi mengenai peserta magang di Jepang, masyarakat dapat memanfaatkan layanan informasi online melalui www.pemagangan.com dan menghubungi nomor 081574477760, 08161642613, 08158851981. (jpnn/alt)

Sumber : http://radarbanten.com

Comments

Popular posts from this blog

Sevent Segmen Arduino

Salah satu topik yang menarik untuk dibahas untuk malam ini , sambil datangnya waktu shubuh ( pagi ). Banyak sekali project yang dapat dibuat. Beberapa contohnya adalah jam digital dengan seven segment, stopwatch dengan 7 segment atau display jam sholat digita l yah walaupun sudah banyak yang membahasnya. Untuk membuat alat yang saya sebutkan diatas,  perlu memahami dulu bagaimana cara untuk memprogram seven segment menggunakan arduino . Karena dasar dari itu semua adalah menyalakan seven segment sesuai keinginan. Banyak sekali metode yang dapat digunakan untuk memprogram 7 segment. Beda metode beda juga rangkaian yang digunakan. Salah satu metode yang sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak rangkaian adalah metode scanning . Apa itu metode scanning ?? Yuk lanjutkan baca sampai selesai yaa !! metode ini akan saya gunakan untuk matakuliah yang saya akan ajarkan...... Apa Itu Metode Scanning ?? Salah satu metode memprogram seven segment yang banyak digunakan adalah metode

74hc595 Shift Register

IC  74HC595   Arduino. penghematan pin arduino 74HC595  adalah IC ( integrated circuit , sirkuit elektronika terpadu) dari keluarga TTL seri 74 xx yang berfungsi sebagai  Shift Register . Kami menjual IC ini dalam 2 pilihan kemasan / packaging: versi DIP-16 ( Dual In-line Package  16 pin, 4 IC per paket) dan versi SMD ( Surface Mounted Device , 74HC595D, 5 IC per paket). Komponen elektronika ini memiliki register (kumpulan  flip-flop ) sepanjang 8-bit yang menerima masukan secara serial dan keluaran paralel dalam 8-pin keluaran. Data masukan disimpan pada register penyimpanan tipe-D sepanjang satu byte (8 bit D-type  storage register ). Gambar IC  74HC595   Gambar Schematic  74HC595   Di bawah ini adalah contoh rangkaiannya

Masjid Agung Banten

Selain sebagai obyek wisata ziarah, Masjid Agung Banten juga merupakan obyek wisata pendidikan dan sejarah. Dengan mengunjungi masjid ini, wisatawan dapat menyaksikan peninggalan bersejarah kerajaan Islam di Banten pada abad ke-16 M, serta melihat keunikan arsiteksturnya yang merupakan perpaduan gaya Hindu Jawa, Cina dan Eropa. Sejarah pendirian Masjid Agung Banten berawal dari instruksi Sultan Gunung Jati kepada anaknya, Hasanuddin. Konon, Sunan Gunung Jati memerintahkan kepada Hasanuddin untuk mencari sebidang tanah yang masih “suci” sebagai tempat pembangunan Kerajaan Banten. Setelah mendapat perintah ayahnya tersebut, Hasanuddin kemudian shalat dan bermunajat kepada Allah agar diberi petunjuk tentang tanah untuk mendirikan kerajaan. Konon, setelah berdoa, secara spontan air laut yang berada di sekitarnya tersibak dan menjadi daratan. Di lokasi itulah kemudian Hasanuddin mulai mendirikan Kerajaan Banten beserta sarana pendukung lainnya, seperti masjid, alun-alun, dan pasar. P